Cara mengatasi Hasil Cetak Banyak Bercak Mesin Xerox

Cara mengatasi Hasil Cetak Banyak Bercak Mesin Xerox. Hasil cetak dengan mesin Fuji Xerox banyak bercak anda dapat menerapkan beberapa cara berikut agar mendapatkan hasil prima.

Cara mengatasi Hasil Cetak Banyak Bercak Mesin Xerox

Bercak kotor pada hasil cetak dengan mesin Fuji Xerox dapat anda atasi selama beberapa hal berikut :

  • Kondisi drum (R) tidak ada goresan atau garis yang dalam
  • Kondisi film dalam keadaan baik tidak rusak atau lecet
  • Kondisi R6 atau waste blade dalam kondisi baik
  • Kondisi fuser (pemanas) tidak lecet atau rusak

Jika semua hal diatas terjadi pada mesin Xerox anda, ya satu-satunya cara yakni dengan mengganti komponen diatas.  Tapi jika hasil print memiliki bercak dan kondisi komponen diatas tidak masalah anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :

Bersihkan Drum Mesin Xerox

  1. Bersihkan drum (R), yang dimaksudkan disini adalah OPC drum nya yakni yang berwarna kebiruan.
  2. Cara membersihkannya cukup mudah, ambillah secarik kain atau lap yang masih bersih gosok secara berulang sambil diputar drum nya agar semua bagian sudah dibersihkan.
  3. Jika cara 2 masih tidak mempan, maka gunakanlah cairan poles seperti Sanpoly (biasa ada di toko bangunan/bengkel motor).  Gosok dengan sanpoly hingga mengkilap kemudian bersihkan lagi dengan lap lain yang masih bersih.

Bersihkan waste blade

Waste blade letaknya ada di bagian kanan dekat drum biasanya kodenya adalah R6.  Buka waste blade kemudian semprot dengan angin atau buang semua kotoran yang ada didalamnya, kemudian bersihkan blade secara perlahan dengan kain hingga bersih dan tampak bening.

Cara mengatasi Hasil Cetak Banyak Bercak Mesin Xerox

Bersihkan Fuser (Pemanas)

Cara lain adalah dengan membersihkan fuser atau pemanas dengan menggunakan cairan alkohol (bisa beli di apotek).  Usap alkohol dan biarkan meresap kemudian gosok lagi dengan kain bersih hingga bagian pemanas bersih tanpa ada sisa tinta yang menempel.

Menghilangkan bercak dengan pengaturan pada mode cetak

Anda juga bisa menghilangkan bercak halus dengan cara melakukan setting pada mesin.  Gunakan pengaturan Lightness dan Darkness pada pengaturan mesin.  Apabila hasil cetak tampak hitam merata naikkan lightness nya.

Demikian beberapa Cara mengatasi Hasil Cetak Banyak Bercak Mesin Xerox.  Jika ada cara lain silahkan share pada komentar dibawah.

Salam copier dan digital printerier

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • bagaimana mengatasi bercak hitam di cetakan hasil fuji xerox (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *