Develop Mesin Xerox dan Perawatannya

Develop Mesin Xerox dan Perawatannya. Develop adalah bagian penting dari mesin cetak digital seperti Fuji Xerox type C maupun Apeosport.  Kerusakan dari develop ini akan menyebabkan tinta tidak dapat menempel terutama pada kertas art paper, bergaris, atau menyebabkan kerusakan pada OPC Drum.

Develop Mesin Xerox dan Perawatannya

Develop adalah bagian penting dari mesin cetak digital maupun mesin fotocopy.   Develop ini fungsinya adalah merekatkan serbuk pada OPC drum sehingga dapat menempel pada IBT (plastik film untuk mentransfer ke kertas).

Berikut pengalaman kami dalam mengatasi Develop Mesin Xerox dan Perawatannya.

  • Selalu melihat kondisi toner, jangan sampai toner kehabisan.  Jangan terlalu percaya pada indikator supplies di mesin, karena biasanya chip indikator ini seringkali tidak mewakili isi toner yang sesungguhnya.  Apabila kosong maka serbuk magnet yang ada di develop akan habis dan mengakibatkan hasil cetak bergaris atau bercak.
  • Gunakan tinta toner yang asli, jangan beli yang murahan karena ini dapat mengakibatkan penyumbatan pada unit penghantar tinta ke develop.
  • Selalu bersihkan IBT (plastik film untuk mentransfer ke kertas). Cara membuka IBT ini sangat mudah namun bila tidak hati-hati maka akan merusak filmnya.  Jangan sampai tersentuh tangan atau terdapat goresan.  Didalam IBT ada rumah yang isinya adalah roll sebanyak 4 buah.  Roll ini terkadang terdapat kerak sehingga dapat merusak develop akibat kerak ini.  Bersihkan dengan menggunakan sanpoly (bisa beli di toko bangunan).
  • Jangan menggunakan kertas yang terlalu tebal.  Kertas yang tebal akan membuat IBT menjadi bergores.  Pastikan kertas bersih dari pasir maupun debu.
  • Lakukan penggantian dan pengisian serbuk magnet secara berkala, misal setiap 20.000 klik atau lembar.  Harga serbuk magnet ini cukup murah dan bisa tahan lama apabila perawatan dan kondisinya selalu di kontrol.

Demikian teknik singkat perawatan develop unit pada mesin cetak digital.  Apabila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar 🙂

Maaf atas kekurangan karena tidak ada gambar dan penjelasan detail, dilain tulisan akan kami jelaskan lebih lanjut tentang Develop Mesin Xerox dan Perawatannya.

Salam

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • pengaruh mesin fotocopy kehabisan tinta (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.