Perbedaan Laminating Glossy dan Laminating Doff

Laminating atau lapisan pada hasil cetakan adalah suatu metode yang lazim digunakan pada cover buku maupun brosur.  Lalu apakah perbedaan Laminating Glossy dan Laminating Doff ?

Kami akan menjelaskan perbedaan dasar antara laminating glossy dan laminating doff.  Apakah sama dengan laminating pada surat-surat berharga seperti ijazah maupun KTP yang biasa kita temukan di setiap toko ATK ?

perbedaan laminating glossy dan laminating doff

Perbedaan Laminating Glossy dan Laminating Doff

Laminating Glossy

Jenis laminating ini sangat cocok bagi cover buku maupun brosur, berikut adalah beberapa hal mendasar yang anda temui untuk laminating glossy :

  1. Warna pada hasil cetakan akan semakin muncul dan tampak pekat, hal ini dikarenakan laminating glossy memiliki keistimewaan dalam menyerap warna pada tinta
  2. Tekstur kertas menjadi licin, mengkilap dan tampak mewah
  3. Tahan terhadap goresan maupun gesekan, ketika anda menyusun suatu brosur maupun kertas yang sudah dilaminating anda akan merasakan bahwa antara kertas yang sudah di laminating glossy tidak saling menempel bahkan jika disusun kertas tersebut akan saling menggelincir (licin)
  4. Kertas menjadi lebih tahan lama terhadap sinar UV dan air
  5. Dianjurkan untuk laminating pada 2 sisi karena apabila hanya 1 sisi maka kertas akan melengkung
  6. Harga relatif murah

Laminating Doff

Laminating doff sangat cocok bagi anda yang ingin hasil cetakan tampak agak buram dan bertekstur kasar, beberapa hal yang anda temukan jika kertas di laminating doff yakni :

  1. Warna akan tampak sedikit buram dan tidak memantulkan cahaya, namun tidak mengurangi kualitas gambar.  Pada kasus tertentu laminating doff justru memberikan kesan mewah sehingga lebih elegan
  2. Tekstur kertas menjadi kasar dan tidak menggelincir bila disusun
  3. Tahan terhadap goresan dan tentunya juga terhadap sinar UV
  4. Sangat cocok digunakan untuk cover buku dan amplop
  5. Kertas akan menjadi lebih tebal dan kuat
  6. Cocok untuk laminating 1 sisi (dianjurkan) dan tidak melengkung, berbeda dengan laminating glossy yang hanya 1 sisi akan mengakibatkan kertas melngkung
  7. Harga lebih mahal dibandingkan dengan laminating glossy

Masih banyak lagi Perbedaan Laminating Glossy dan Laminating Doff, namun perbedaan utamanya seperti yang dijelaskan diatas.  Yakni laminating glossy memberikan kesan mengkilap, sedangkan laminating doff memberikan kesan buram dan tidak memantulkan cahaya.

Laminating pada surat berharga seperti yang banyak dijumpai pada toko ATK tidak sama dengan jenis laminating ini.  Laminating yang biasa anda temukan tersebut lebih tebal dan tidak cocok untuk cover buku yang ditekuk.  Fungsinya sama yakni melindungi kertas terhadap kerusakan akibat air maupun jamur.

Mana yang harus anda pilih ? semua tergantung pada selera masing-masing namun yang dapat kami anjurkan sebagia berikut :

  • Laminating glossy lebih baik pada 2 sisi kertas sehingga tidak melengkung dan memberikan efek pekat pada tinta
  • Laminating doff cocok untuk amplop, undangan, foto dan kertas lain sehingga memberikan efek kasar dan tahan goresan serta tidak memantulkan cahaya
  • Laminating glossy mudah ditekuk, laminating doff ketika ditekuk akan pecah sehingga tidak dianjurkan untuk cover buku
  • Laminating glossy dan laminating doff jika dilapisi 2 sisi tidak bisa ditempel dengan lem kertas biasa, jika anda ingin menempelkannya dengan lem anda dianjurkan untuk melapisinya 1 sisi saja

Demikian beberapa Perbedaan Laminating Glossy dan Laminating Doff.  Semoga bermanfaat.

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • kelemahan dan kelebihan laminasi doff dan glossy (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *