Teknik Sablon Dengan Bingkai Presisi

Teknik Sablon Dengan Bingkai Presisi, kita mengenal ada beberapa teknik sablon diantaranya menggunakan bingkai presisi yang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aplikasinya.

Apakah Bingkai Presisi Itu Akurat Untuk Sablon Kaos Manual ?

Awalnya kami tertarik dengan meja banting yang katanya memiliki tingkat presisi yang tinggi.  Sebenarnya belum kami coba, mengingat meja banting atau meja rel sablon ini membutuhkan ruangan yang luas dalam proses pekerjaannya.

Tetapi kembali ke topik utama kita yakni apakah Teknik Sablon Dengan Bingkai Presisi itu akurat dan presisi untuk sablon manual lebih dari 1 warna ?  Oke mari kita bahas satu per satu Kelebihan dan kekurangannya…

Kelebihan Bingkai Presisi

  1. Tidak memerlukan ruang yang luas, cukup banyakin aja papan/triplek sablon yang sudah dipasang knock presisi itu.
  2. Harga murah sangat, pas dikantong buat yang baru buka bisnis sablon.
  3.  Penggunaannya sangat mudah tinggal geser dan sesuaikan posisi screen pada baju.

Kekurangan Bingkai Presisi

  1. Triplek/Papan Sablon tidak boleh melengkung, karena akan meleset apabila kita lakukan proses penimpaan warna selanjutnya atau mengulangi gesutan.  Mengatasinya cukup dengan menggunakan triplek yang tebal.
  2. Tidak bisa kerja sendirian, beda dengan meja rel yang bisa sendirian kerja dan cukup pindah-pindah posisi.  Bingkai presisi sablon harus minimal 2 orang, yakni yang tukang sablon sama partner yang tukang ngambil papan sablon berikutnya.
  3. Posisi Knock harus sama pada semua papan/triplek sablon, kalo nggak sama bingung sendiri nanti posisinya berubah-ubah ketika anda menyablon kaos ukuran yang beda-beda. Contoh misalnya posisi kaos ukuran M akan beda dengan kaos ukuran L.  Cara menyiasatinya dengan membuat garis panduan untuk kerah agar posisinya sama.
  4. Pastikan baut, mur, dan knock dalam posisi yang rapat karena bergeser satu mili aja hasil sablon gk bakalan tajem. Bila perlu minta bantuan asisten untuk nahan bingkainya.
  5. Tidak mudah mengaplikasikannya pada baju yang berkerah.
  6. Perlu banyak bingkai sablon, kalo cuma satu repot sendiri setting pada warna dan screen berikutnya.
  7. Memiliki keterbatasan area, karena screen tidak bisa mepet banget dengan posisi knock.

Lha, ternyata lebih banyak kurang daripada lebih ya ? untuk itulah para sabloners profesional jarang menggunakan teknik ini karena rada ribet.

Teknik Sablon Dengan Bingkai Presisi

  1. Buat register pada papan lain sebagai patokan.
  2. Buat patokan untuk kerah pada papan sablon.
  3. Pastikan mur dan baut bingkai sablon terik.
  4. Tekan kedua bagian ujung knock hingga rapat sebelum menggesut.
  5. Pilih triplek/papan sablon yang tebal sehingga tidak mudah melengkung saat proses pengeringan dengan hair dryer atau heat gun.
  6. Pastikan lem meja merekat dengan baik
  7. Pastikan tidak ada noda atau tinta yang melekat pada meja sablon, karena kita tidak melihat bagian bawah triplek saat diletakkan di meja sablon.
  8. Simpan bingkai setelah selesai dalam posisi berdiri jangan baring, dan jangan dibebankan bertimpa-timpa dengan bingkai sablon lainnya.

Misal ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ya, karena banyak teknik lainnya yang susah ditulis tapi perlu praktek.  Semoga kedepannya kami bisa sajikan lagi tulisan lainnya seperti tips menyablon pada baju yang tidak datar seperti baju berkerah, menyablon lengan baju, sablon bagian kocek, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.