Mengatasi Tinta Printer Epson Mampet Yang Selalu Minta Di Cleaning

Mungkin anda pernah mengalami Tinta Printer Epson Mampet Yang Selalu Minta di Cleaning, setelah di cleaning normal kembali tetapi tidak beberapa lama bergaris kembali hasilnya.

Beberapa waktu yang lalu saya selalu menemui beberapa printer Epson saya yakni tipe L3110, L3210 dan L6190 selalu minta di cleaning setelah beberapa lembar melakukan proses printing. Awalnya saya mengira hal ini terdapat kerusakan pada head printer yang harganya tidak murah itu.

Sobat, head printer Epson dikemas dengan baik dan memang lumayan kuat untuk menghadapi jenis tinta apapun.. Sehingga printer Epson kerap digunakan untuk tinta sublim, art paper dan tinta beraneka macam merknya. Oleh karena itulah harga headnya sangat mahal, sehingga setelah saya amati dan browsing disana sini ternyata belum tentu head printer tersebut yang rusak.

Lalu, mengapa printer Epson saya selalu minta di cleaning setiap habis melakukan printing beberapa lembar kertas ? atau pengalaman lainnya printer bisa bagus hasilnya setelah di cleaning, namun ketika dimatikan dan dihidupkan setelah beberapa lama hal tersebut terjadi kembali.

Berikut cara Mengatasi Tinta Printer Epson Mampet Yang Selalu Minta Di Cleaning berdasarkan pengalaman saya.

Periksa Damper Printer

Biasanya damper juga menjadi salah satu penyebab Tinta Printer Epson Mampet Yang Selalu Minta Di Cleaning. Cara memeriksanya adalah dengan melihat tinta yang ditampung didalam damper. Apabila dampernya kosong, dapat diyakini bahwa damper printer anda kemasukan angin sehingga tinta epson mampetr.

Apa itu damper ? berikut saya tampilkan gambarnya (mohon maaf saya ambil gambarnya juga dari google karena repot mau bongkar printer sendiri ^_^)

Damper/Adaptor ASSY Epson

Cara mengatasinya adalah dengan menyedot secara perlahan (menggunakan suntikan) dari bagian bawah damper sampai tinta terisi penuh di damper. Pastikan tinta printer di tangki cukup sehingga tidak sampai kosong saat di sedot. Ulangi beberapa kali sampai tinta terisi penuh pada damper.

Jika hal ini tidak mengatasi juga maka anda coba test apakah damper bocor dibagian headnya, apabila bocor maka anda harus mengganti dengan damper yang baru. Ciri-ciri damper bocor adalah dengan menempel-nempelkan kepala damper di atas kertas putih berkali-kali. Apabila kertas tersebut setelah ditempel berkali-kali dengan kepala damper terdapat tinta yang meluber maka itu ciri-ciri damper anda bocor dan harus diganti.

Baca Juga : Printer Yang Cocok Untuk Usaha Percetakan

Ganti Head Pump Printer (Purge Unit)

Ini adalah cara terakhir apabila cara diatas tidak berhasil. Saya baru menyadari ternyata kelemahan dari printer Epson ini salah satunya adalah sistem pembuangan tinta yang kurang baik. Jangan meremehkan peran Head Pump Printer, karena komponen inilah yang mengatur tekanan angin yang ada pada head sehingga tinta menjadi bersih dan tidak mampet.

Printer Epson Mampet
Head Pump (Purge Unit)

Bagian ini sedikit membuat anda repot, karena anda harus membongkar printer dan mengetahui cara bongkar pasangnya. Jangan khawatir, anda bisa cari cara untuk memasangnya dengan browsing di Youtube… meskipun tipe printernya beda tapi konsep pemasangannya sama kok.

Dimanakah kita bisa mendapatkan atau membeli semua komponen ini ? Syukurnya saat ini toko-toko online sudah banyak yang menjual komponen ini, anda tinggal searching di toko online mana saja dan harganya juga relatif murah meskipun kisaran 150rb bahkan ada yang 750rb untuk printer tertentu. Dan tentunya harganya tidak lebih mahal dari harga head printer, karena jika anda ganti head pun saya yakin masalah tinta Printer Epson Mampet Yang Selalu Minta Di Cleaning tidak dapat teratasi.

Nah, apabila anda sudah melakukan beberapa cara diatas berdasarkan pengalaman saya (sudah saya lakukan ke beberapa printer Epson) insya Allah printer Epson anda tidak akan selalu minta di cleaning dulu baru keluar tintanya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • head printer epson sering buntu (1)
  • https://malianury-grafiti com/mengatasi-tinta-printer-epson-mampet-yang-selalu-minta-di-cleaning/ (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *