Tips Agar Tinta pada ID Card Tidak Pudar

Hasil cetak ID Card berbahan PVC anda tidak tahan lama dan mudah pudar ? tentu akan membuat anda bertanya-tanya apakah bahan plastik ID card nya yang menjadi sumber masalah atau tintanya. Berikut kami bagikan pengalaman tentang tips agar tinta pada ID Card tidak pudar atau luntur.

Tinta Belum Kering Sempurna

Tinta yang belum kering dengan baik pada saat pengepresan dengan mesin laminating juga bisa menjadi salah satu penyebab tinta mudah pudar. Memang panas yang dihasilkan dari mesin laminating dapat membuat tinta pada plastik yang di print akan kering, namun kadar air yang masih ada pada tinta akan membuat hasil cetak menjadi lembab.

Untuk itu disarankan menggunakan mode High pada saat melakukan proses print pada plastik ID Card sehingga selain hasilnya prima tinta juga lebih cepat kering karena di cetak secara perlahan.

Gunakan Tinta Pigment Art Paper

Tinta pigment art paper adalah suatu jenis tinta yang memiliki kandungan minyak dan tahan terhadap air sehingga tidak akan luntur atau pudar. Kelebihan dari tinta art paper ini juga adalah tahan terhada sinar UV sehingga tinta pada ID Card tidak pudar. Namun kelemahan tinta ini adalah kualitas gambar yang dicetak tidak terlalu terang. Hal ini disebabkan karena tinta pigment art paper hanya cocok pada kertas art paper sehingga kepekatan tinta nya tidak terlalu muncul pada plastik ID Card.

Gunakan Tinta Original Printer

Hal ini yang sangat direkomendasikan, berdasarkan pengalaman kami tinta original khususnya pada printer Epson membuat kualitas ID Card menjadi prima. Tinta original juga tahan terhadap sinar UV namun sayangnya tidak tahan terhadap air.

Meskipun demikian, lapisan plastik ID Card yang di press dengan suhu yang tepat akan membuat plastik menempel pada bagian PVC dengan rapat dan sempurna sehingga tidak ada celah bagi air untuk masuk.

Baca Juga : Cetak ID Card Pontianak Murah dan Berkualitas

Kami sudah mencoba berbagai jenis tinta dan cara agar hasil cetak pada ID card tidak mudah pudar dan tahan lama. Namun dari semua pengalaman tersebut rekomendasi kami adalah menggunakan tinta pigmen art paper dan tinta asli atau original dari printer. Sebelumnya anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan tinta art paper yang sudah kami posting sebelumnya.

Demikian sedikit pengalaman tentang tips agar tinta pada ID Card tidak pudar atau tidak luntur. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ya..

Salam hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *