Mesin Finishing Percetakan | Usaha Percetakan

Mesin finishing percetakan adalah komponen penting bagi pengusaha percetakan agar mendapatkan kualitas yang sempurna.  Lalu apa saja mesin finishing percetakan  yang wajib dimiliki oleh seorang calon pengusaha percetakan ?

Memilih mesin finishing percetakan yang tepat

Jujur saja harga mesin finishing memang agak gila2an rata-rata diatas 10 jutaan.  Bagi anda tentu ini menjadi masalah, karena berapa lama kita mau balik modal kalo mesin itu mahal semua ?

Pilihannya ada pada anda manakah yang harus diutamakan ?

Mesin Potong Kertas

mesin finishing percetakan

Ini adalah mesin finishing percetakan yang paling sangat diutamakan, karena menyangkut kerapian.  Bayangkan bila anda potong dengan cutter selain tidak rapi, bisa-bisa tangan luka-luka, pakai acara sengal lagi.

Anjuran saya untuk di awal beli lah mesin potong kertas merk STAR yang harganya terjangkau mungkin sekitar 6 jutaan, beli bekas juga boleh.  Mesin ini mampu memotong dengan presisi yang cukup pas setebal 1 rim kertas HVS, untuk kertas diatas 100 gram sepertinya lebih kurang dari itu paling 200-300 lembar saja.  Semakin sering memotong kertas tebal maka semakin cepat pisaunya tumpul.

Mesin Binding (Jilid Lem)

mesin finishing percetakan

Tersedia dengan pilihan harga dan kualitas yang macam-macam.  Untuk pengusaha awal gunakan saja mesin binding PB-220 kisaran harganya 10 juta sampai 13 juta.  Kemampuannya bisa menjilid 60 buku per jam.  Dilengkapi dengan pencacah, press garis (lipatan buku), dan lem plastik panas.

Mesin jilid kawat (stapler)

mesin finishing percetakan

mesin finishing percetakan

mesin finishing percetakan

Salah satu mesin finsihing percetakan yang wajib dimiliki adalah mesin jilid kawat, karena kebanyakan booklet menggunakan metode jilid ini.  Anda bisa beli dengan harga paling murah 100 – 500 ribuan sampai dengan harga 10 jutaan tergantung kemampuan.

Mesin Jilid Spiral

mesin jilid spiral

Mesin finishing percetakan ini digunakan untuk jilid spiral, ukurannya berbeda-beda harganya juga macam-macam, mulai dari 1 jutaan hingga diatas 5 juta.  Cara kerjanya cukup mudah pertama ada mesin pelobang kertas, dan kedua anda cukup melakukan press dengan alat tersebut untuk mengunci spiralnya.

Mesin Finishing Pendukung

Mesin Jilid Hard Cover

mesin jilid hard cover

Mesin ini dapat mempercepat anda dalam jilid hard cover yang umumnya dilakukan menggunakan lem dan kuas secara manual.  Dengan mesin finishing percetakan ini kerja anda jadi lebih ringan, bahkan dengan satu orang pun bisa menjilid lebih dari 50 buku dalam waktu kurang lebih 1 jam.  Hanya saja harganya masih luar biasa mahal karena ada bagian mesin untuk mengelem cover dan ada bagian untuk pelipatnya.  Hasilnya prima, tidak ada gelembung udara di cover dan lebih rapi.

Mesin Laminating Panasmesin finishing percetakan

Mesin finishing percetakan ini juga perlu anda miliki untuk mempercantik hasil, jadi ada lapisan laminasi yang membuat nya lebih mengkilap (glossy) atau kesat (doff).  Harganya ada yang murah mulai dari 1 jutaan hingga 6-7 jutaan.

Demikian beberapa mesin finishing percetakan yang wajib dimiliki oleh pengusaha percetakan.  Meskipun harganya mahal-mahal semua tapi anda bisa menekan jumlah pekerja.

Malianury Grafiti Percetakan Murah Pontianak

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • finishing percetakan (1)
  • mesin finishing percetakan buku (1)

Satu gagasan untuk “Mesin Finishing Percetakan | Usaha Percetakan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *