Apa Itu Perfect Binding | Jilid Lem Panas

Perfect binding adalah teknik penjilidan dengan menggunakan lem panas atau penjilidan sempurna dengan lem sebagai pengikat antar kertas.

Apa itu Perfect Binding

Jika anda masih belum memahami apa itu perfect binding mungkin tulisan ini bisa memberikan pemahaman kepada anda yang ingin mencoba teknik penjilidan ini. Anda mungkin mengira bahwa buku yang di staples kemudian di beri soft cover sudah termasuk perfect binding, tentu tidak.. itu disebut penjilidan dengan kawat.

Penjilidan dengan perfect binding memiliki ciri khas berbeda dimana hasil jilid sempurna hingga setiap ujung bagian kertas yang menempel pada cover. Buku yang terjilid tersebut disatukan dengan menggunakan lem panas. Lho kalau dengan menggunakan lem kayu atau lem kertas apakah berbeda ?

Tentunya penjilidan dengan lem kertas atau lem kayu (misal lem putih) juga bisa disebut perfect binding. Namun dari segi kekuatan, lem panas atau lem plastik yang dipanaskan memiliki daya rekat yang sempurna bahkan sulit untuk dilepas.

Mesin Perfect Binding

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna tentunya ada sebuah alat yang harus dimiliki, yakni mesin perfect binding.

Mesin perfect binding ini beragam bentuk, mulai dari yang semi otomatis hingga mesin otomatis yang harganya puluhan juta. Namun demikian konsep dari mesin ini sama yakni menggunakan lem panas sebagai perekat. Anda bisa searching di google untuk mengetahui bagaimana bentuk serta harga dari mesin ini.

apa itu perfect binding

Lalu, apakah metode penjilidan ini tidak bisa diaplikasikan secara sederhana ? Tentu bisa, anda cukup meratakan bagian dari buku yang akan di beri lem kemudian gunakan glue gun yakni sebuah alat sederhana untuk mencairkan lem plastik. Setelah lem plastik diratakan pada bagian punggung buku barulah ditempelkan soft cover.

Baca Juga : Mesin Finishing Percetakan

apa itu perfect binding

Nantinya hasil dari pengeleman dengan lem panas ini akan mengikat setiap kertas pada buku dengan sempurna tanpa kawat (staples). Bila perlu berikan sayatan-sayatan pada kertas sebelum dilakukan pengeleman agar lem dapat masuk hingga ke celah buku hanya saja jangan terlalu dalam karena hasilnya kurang memuaskan karena bila buku dibuka akan nampak sayatannya.

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu perfect binding , bagi anda yang ingin mencoba silahkan bisa menggunakan metode manual atau menggunakan mesin.

Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar 🙂

Pencarian Terbanyak Artikel :

  • perfect binding (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *